Jenis-jenis Bahan Pangan | Pengolongan Bahan Makanan


Macam-macam jenis bahan makanan atau bahan pangan. Bahan pangan atau bahan makanan secara umum terbagi menjadi 2 golongan. Pengolongan bahan pangan ini didasarkan pada sumbernya, yaitu bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang disebut bahan pangan nabati dan bahan makanan yang bersumber dari hewan yang disebut bahan pangan hewani. Macam-macam jenis bahan makanan secara detail adalah seperti di bawah ini:

Macam-macam Jenis Bahan Pangan

  Pengolongan bahan pangan adalah sebagai berikut:

1. Bahan Pangan Nabati
Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan pangan yang berupa atau berasal dari tumbuhan baik yang liar ataupun yang di tanam serta yang berasal dari produk-produk olahannya. Bahan pangan nabati dapat berupa daun, bunga, akar, batang, umbi, buah biji ataupun bagian-bagian tanaman yang lain. Bahan-bahan pangan nabati memiliki sifat yang beranekaragam, baik sifat fisik maupun sifat kimia. Untuk mengetahui apakah sifat fisik bahan pangan nabati dan sifat kimia bahan pangan nabati silah mencarinya di kotak pencarian yang telah tersedia.

2. Bahan Pangan Hewani
Bahan pangan hewani adalah semua bahan makanan yang berupa daging atau berasal dari berbagai jenis hewan yang layak untuk dimakan baik dalam bentuk dasarnya ataupun dalam bentuk olahan. Bahan pangan hewani meliputi segala jenis daging dari binatang ternak, binatang liar (yang halal), binatang yang hidp di air, baik air laut, air tawar ataupun air payau. Bahan pangan hewani memiliki sifat yang berbeda dengan bahan pangan nabati. Untuk mengetahui sifat bahan hewani dan perbedaannya dengan bahan pangan nabati silah tunggu artikel berikutnya.
Bagikan :