Gelas Kimia atau Beaker Glass

Gelas Kimia atau Beaker glass. Fungsi Beaker glas. Beaker glas adalah sebuah wadah berbentuk silinder dengan dasar yang rata dan pada mulutnya terdapat moncong atau paruh kecil yang berfungsi sebagai corong untuk menuangkan cairan agar tidak tumpah ke mana-mana. Gelas kimia biasanya terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas hingga suhu 200oC. Ada juga beaker glass yang terbuat dari bahan plastik seperti polietilena, polipropilena dan PTFE. Tapi ada juga yang terbuat dari logam seperti stainless steel atau aluminium. Seperti halnya Labu ukur, gelas beaker juga di lengkapi dengan garis-garis skala penunjuk volume dengan ukuran beragam.

Fungsi Beaker glass atau gelas kimia

Setidaknya ada 3 fungsi utama beaker gelas yang biasa di manfaatkan di laboratorium, yaitu:
  • Untuk mengukur volume larutan atau bahan yang tidak membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.
  • Sebagai wadah untuk menyimpan dan membuat larutan.
  • Sebagai wadah untuk memanaskan bahan diatas hot plate, khusus untuk beker glass yang terbuat dari kaca borosilat.

Macam-macam gelas Beaker/gelas kimia

Secara umum di ketahui ada 3 jenis gelas beaker di lihat dari bentuknya, yaitu:jenis beaker gelas
1. Gelas Kimia Griffin /A
Gelas beaker Griffin adalah model beaker gelas yang paling umum kita jumpai di laboratorium. Gelas griffin bentuknya standar  yaitu agak rendah dengan ketinggian 1,4 kali diameter lengkap dengan paruh dan moncong yang berfungsi sebagai corong. Disebut gelas griffin karena gelas ini di rancang oleh John Joseph Griffin .
2. Gelas Kimia Berzelius / BGelas kimia Berselius bentuknya lebih ramping dan tinggi dengan ukuran tinggi 2 kali diameternya. Beaker gelas tiper berzelius ini biasa di gunakan untuk titrasi. Disebut gelas berzelius karena di rancang oleh Jöns Jacob Berzelius.
3. Gelas Kimia datar (flat beaker glass) / CGelas kimia datar ini disebut juga crystallizers, karena sebagian besar digunakan untuk melakukan kristalisasi , tetapi sering juga digunakan sebagai wadah untuk digunakan dalam hot- bath pemanasan . Gelas ini biasanya tidak memiliki skala datar.
Bagikan :
0 Comments for "Gelas Kimia atau Beaker Glass"
Back To Top