Penilaian Indera dengan uji Organoleptik

Penilaian Indera yang di gabungkan dengan uji Organoleptik yang meliputi tekstur, warna dan rasa  banyak digunakan untuk menilai kualitas suatu komoditi hasil pertanian dan makanan. Penilaian cara ini banyak disenangi karena dapat dilaksanakan dengan cepat dan langsung dan terhitung cukup teliti. Dalam beberapa hal penilaian indera bahkan dapat melebihi ketelitian alat yang paling senditif. Beberapa perusahaan yang menghasilkan komoditi langka atau sangat special seperti perusahaan Wine, Cheese, Tea, Coffee, Bir masih menggunakan  penilaian Indera untuk menguji kualitas produknya.

Penilaian Indera merupakan kelebihan sensorik yang hanya dimiliki oleh orang tertentu dan tidak dapat di turunkan ataupun di ajarkan pada orang lain. Kelebihan sensorik ini hanya dimiliki oleh dirinya sendiri secara pribadi. Kelebihan inilah yang memunculkan penilaian indera untuk menguji suatu kualitas bahan pangan secara organoleptik dengan cara merasa, meraba, dan melihat untuk menentukan kualitas makanan.

Sistem penilaian indera dengan uji organoleptik telah dibakukan dan dijadikan standar penilai dalam laboratorium, dunia usaha dan perdagangan. Penelitian organoleptik juga digunakan sebagai suatu metode penelitian dan pengembangan dalam melakukan analisis data.

Penilaian Indera dengan cara uji organoleptik meliputi:
  1. Menilai Tekstur suatu bahan, adalah salah satu unsur kualitas bahan pangan yang dapat dirasa dengan rabaan ujung jari, lidah, mulut atau gigi.
  2. Faktor kenampakan yang meliputi warna dan kecerahan (gloss) dapat dinilai melalui indera penglihatan
  3. Flavor adalah suatu rangsang yang dapat dirasakan oleh indera pembau dan perasa secara sama-sama. Penilaian Flavor langsung berhubungan dengan indera manusia, sehingga merupakan salah satu unsur kualitas yang hanya bisa diukur secara subyektif.
Penilian indera dengan uji organoleptik ini bersifat individual dan tergantung pada penilaian pribadi sang panelis.Karena itu kepakaran dan pengetahuan seseorang tentang bahan yang akan diuji adalah sangat penting....
Bagikan :