loading...

Jenis-jenis Gula Sederhana | Macam-macam Monosakarida

Jenis-jenis Gula Sederhana. Gula sederhana adalah komponen utama penyusun karbohidrat. Gula sederhana di sebut juga Monosakarida. Karena terlalu sederhana sehingga jenis gula ini tidak dapat di uraikan lagi menjadi senyawa sederhana walaupun melalui reaksi hidrolisa. Gula sederhana memiliki rumus kimia yang tetap yaitu CH2O. Berdasarkan jumlah atom C nya, gula sederhana di bedakan menjadi 6 kelompok, yaitu:

  • Diosa (C2H4O2),
  • Triosa (C3H6O3),
  • Tetrosa (C4H8O4),

  • Pentosa (C5H10O5),
  • Heksosa (C6H12O6), dan
  • Heptosa (C7H14O7) .
  • Namun sebagian besar gula sederhana yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari adalah dari kelompok Heksosa dan Pentosa. Berikut ini adalah jenis-jenis gula sederhana yang sering kita jumpai sehari-hari, di sadari atau tidak.

    Macam-macam Gula sederhana

    1. Glukosa </>Glukosa adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi. Bentuk alami (D-glukosa) disebut juga dekstrosa, terutama pada industri pangan. Selain dari tumbuhan, glukosa juga dapat di terbentuk:
    • dalam hati dan otot rangka dari pemecahan simpanan glikogen (polimer glukosa).
    • dalam hati dan ginjal dari zat antara melalui proses yang disebut glukoneogenesis.
    2. Fruktosa
    Fruktosa susunan paling sederhana dalam karbohidrat. Sejenis gula yang dimeukan pada madu dan buah-buahan. Fruktosa adalah bentuk isomer glukosa dan merupakan salah satu komponen penyusun sukrosa. Fruktosa mempunyai rumus kimia yang sama dengan glukosa, CH2O, namun memiliki struktur yang berbeda. Susunan atom dalam fruktosa merangsang jonjot kecapan pada lidah sehingga menimbulkan rasa manis. Di dalam tubuh, fruktosa meupakan hasil pemecahan daru sukrosa.
    3. Galaktosa
    Galaktosa juga merupakan gula sederhana yang mempunyai rumus kimia yang sama dengan glukosa dan fruktosa namun memiliki struktur yang berbeda. Galaktosa hampir tidak terdapat bebas dialam. Namun di temukan dalam tubuh makhluk hidup. Galaktosa dalam sistem pencernaan merupakan hasil pemecahan dari laktosa. Dalam otak galaktosa dikenal sebagai serebrosa.
    4. Manosa
    Manosa adalah gula aldehida yang dihasilkan dari oksidasi manitol dan memiliki sifat-sifat umum yang serupa dengan glukosa. Manosa, jarang terdapat di dalam makanan. Di gurun pasir, seperti di Israel terdapat di dalam manna yang mereka olah untuk membuat roti.
    5. Ribosa
    Ribosa adalah gula pentosa yang ditemukan dalam semua sel tumbuhan dan hewan dalam bentuk furanosa. Ribosa merupakan komponen RNA yang digunakan untuk transkripsi genetika. Selain itu Ribosa juga berhubungan erat dengan deoksiribosa, yang merupakan komponen dari DNA. Ribosa juga meupakan komponen dari ATP, NADH, dan beberapa kimia lainnya yang sangat penting bagi metabolisme.
    6. Xilosa
    Xilosa suatu gula pentosa, yaitu monosakarida dengan lima atom karbon dan memiliki gugus aldehida. Gula ini diperoleh dengan menguraikan jerami atau serat nabati lainnya dengan cara memasaknya dengan asam sulfat encer. Xilosa  berbentuk serbuk hablur tanpa warna yang digunakan dalam penyamakan dan pewarnaan dan dapat juga digunakan sebagai bahan pemanis untuk penderita kencing manis (diabetes mellitus).
    7. Arabinosa
    Arabinosa disebut juga gula pektin atau pektinosa. Arabinosa bersumber dari Getah Arab , Plum, dan Getah Ceri , namun tidak memiliki fungsi Fisiologis. Arabinosa berupa kristal putih yang larut dalam air dan gliserol namun tidak larut dalam alkohol dan eter. Arabinosa digunakan dalam obat-obatan dan medium pembiakan bakteri. Arabisa dalam reaksi Orsinol - HCl memberi warna : Violet , Biru , dan Merah , dengan membei Floroglusional- HCl.
    ;
    Bagikan :
    Back To Top